Rabu, 12 Maret 2014

Informasi Dasar Tampilan CorelDRAW X4

Informasi Dasar Tampilan CorelDRAW X4

Jika kita telah memahami semua yang ada dalam kotak dialog Welcome to CorelDRAW, maka langkah selanjutnya adalah menentukan pilihan mana yang akan kita pakai. Sebagai contoh, klik Quick Start → New Blank Document maka sistem akan membuka lembar kerja baru seperti pada gambar di atas.
Agar lebih jelas, tentang elemen/komponen yang ada dalam tampilan lembar kerja CorelDRAW, maka perhatikan uraian-uraian berikut ini:
  • Title Bar (Judul Window)
    Title Bar adalah batang jendela yang berisi informasi nama program (CorelDRAW) dan nama dokumen yang sedang aktif. Selain berisi informasi nama program dan nama dokumen, Title Bar juga dapat dipindahkan dengan cara klik ganda kemudian geser ke posisi yang Anda inginkan.
  • Control Window (Maximize, Minimize, Restore, Close)
    Untuk memperkecil, memperbesar, mengembalikkan window ke ukuran semula dan untuk menutup window.
  • Menu Bar
    Menu Bar adalah sederetan tombol perintah yang memiliki fungsi berbeda-beda, berisi nama-nama perintah untuk berbagai macam pekerjaan, yakni untuk menyimpan file, memproses gambar, membuka file dan lain sebagainya.
  • Toolbar Standard
    Toolbar adalah sederetan tombol shortcut (icon) untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat. Secara default (standar). Toolbar Standard ini berfungsi untuk mempersingkat pekerjaan karena semua gambar (icon) dalah perintah yang juga ada dalam Menu Bar. Berikut beberapa gambar/icon yang ada pada toolbar standar:
    √ New, untuk mempersiapkan/membuat lembar kerja baru;
    √ Open, untuk membuka file (yang berekstensi .cdr) yang pernah disinpan pada disk;
    √ Save, untuk menyimpan lembar kerja ke disk;
    √ Print, untuk mencentak lembar kerja yang sedang kita kerjakan dan masih dalam keadaan aktif saat itu;
    √ Cut, untuk menghilangkan objek terpilih yang ada di lembar kerja & menyimpannya di memori komputer;
    √ Copy, untuk menggandakan objek terpilih dalam lembar kerja dan menyimpannya di dalam komputer;
    √ Paste, untuk memunculkan objek yang tersimpan dalam memori komputer, hasil dari perintah cut/copy;
    √ Undo, untuk membatalkan satu proses terakhir yang kita lakukan pada objek;
    √ Redo, untuk mengulangi kembali satu proses terakhir yang kita batalkan lewat perintah undo;
    √ Import, untuk mengambil objek dari file lain, baik yang berekstensi .cdr atau yang lainnya seperti .png, .jpg, .bmp, .ai, dst.;
    √ Export, untuk menyimpan objek yang dibuat berupa file dengan ekstensi selain .cdr, seperti .png, .jpg, .bmp, .ai, .doc, dst. Tujuannya agar objek yang dibuat dapat dibuka di program lain;
    √ Application Launcher, untuk mengaktifkan langsung modul sistem lain dari CorelDRAW, seperti Corel CAPTURE, Corel PHOTO-PAINT dlsb.;
    √ Welcome Screen, untuk menampilkan kotak dialog Quick Start;
    √ Zoom, untuk mengatur tampilan lembar kerja yang sedang dikerjakan. Kita bisa memilih tampilan normal (100%), tampilan 2x lipat (200%), per halaman (to page), melebar (to width) dlsb.;
    √ Snap to, fasilitas untuk mengaktifkan pilihan ketepatan saat mengubah posisi atau ukuran objek, untuk mengacu pada objek yang lain atau garis bantu atau garis grid.
    √ Option, untuk membuka kotak dialog Option (opsi/pilihan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar